Sabtu, 07 Februari 2015

MENGELOLA KOPERASI SIMPAN PINJAM DENGAN SOFTWARE MURAH

Pertumbuhan lembaga keuangan dalam bentuk Koperasi Simpan Pinjam ini kian hari kian pesat, dari lingkup perkotaan hingga ke pelosok pedesaan. Terlebih setelah pembatalan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 dan dikembalikannya ke Undang Undang No. 25 Tahun 1992, yang memberi kebebasan kepada koperasi dalam mengelola unit usahanya.
Koperasi Simpan Pinjam ( KSP )  atau Unit Simpan Pinjam ( USP ) pada KSU, sama sama merupakan divisi pengelolaan keuangan dalam lembaga Koperasi, yang didalamnya melayani anggota dalam produk: Simpanan, Pinjaman, Deposito, dengan nama sub produknya yang beragam, bertujuan sebagai solusi mengatasi kebutuhan keuangan bagi anggota koperasi.
Unit Simpan Pinjam ini sering kita jumpai di masyarakat umum ataupun pada intansi dan lembaga serta lingkungan kerja baik pemerintah maupun swasta. Banyak sekali manfaat yang didapat dari keberadaan koperasi tersebut, terutama dilingkungan dengan anggota kelompok kerja cukup banyak.

Manfaat dari keberadaan KSP atau USP yang paling dirasakan adalah; Sangat mudah dalam mendapatkan pinjaman  ataupun menyimpan uang tunai, tanpa jaminan, bunga murah, sistem fleksible, pelayanan super ramah, kental sistem kekeluargaan, Anggota akan mendapatkan SHU dari sirkulasi transaksinya setelah pelaksanaan RAT, dan hal-ha lain yang tetunya sangat menguntungkan anggota.

Ada banyak perbedaan antara karakter perbankkan dengan Koperasi, yang secara gambaran umum adalah, Perbankkan beroperasi berdasarkan sistem yang ketat, sedangkan koperasi beroperasi dengan sistem kekeluargaan yang kental, akan tetapi tidak mutlak demikian, karena saat ini koperasi sudah mulai mengarah ke sistem operasional transaksi dengan teknologi koputerisasi.

Mari kita simak bagaimana pengelolaan koperasi khususnya KSP atau USP menerapkan sistem Teknologi Komputerisasi, berikut uraiannya :
MENGELOLA KOPERASI SIMPAN PINJAM DENGAN SOFTWARE MURAH

Mendengar kata teknologi informasi atau IT dalam benak kita terbayang serangkaian peralatan komputer yang terhubung dengan jaringan yang rumit, baik berupa kabel maupun wairless, ditambah sistem dalam komputer yang dipenuhi dengan beragam aplikasi komplek dan membingungkan.

Ok kita santai dan rilexs sejenak..... Mari paradigma kita untuk disederhanakan.... kita bicara soal koperasi bukan bicara  Teknologi yang rumit.

Koperasi Simpan Pinjam atau Unit Simpan Pinjam pada koperasi adalah solusi pengelolaan keuangan skala micro dan merupakan prioritas atau alternatif selain perusahaan Finance atau Bank. Walau bagaimanapun koperasi dalam mengelola keuangan harus benar-benar super serius.... Sedikit saja hitungan salah maka akibatnya akan sangat fatal, karena yang dikelola adalah perhitungan rupiah, dan yang memilikinya adalah banyak orang ( anggota ) dan pengelola akan bertangungjawab penuh terhadap nilai uang yang dikelolanya.

Saat ini se manual apapun cara pengelolaan KSP atau USP teknologi tidak akan bisa dihindari, salah satu contoh alat bantu perhitungan adalah kalkulator, dan dimulai dari peralatan digital ini teknologi informasi mulai diterapkan pada koperasi atau kehidupan sehari-hari kita.

Secara garis besar dan sederhana  pengertian Teknologi Informasi terdiri dari dua suku kata, Teknologi dan Informasi.  Teknologi =  system yang diterapkan pada sebuah peralatan yang mengadopsi muatan atau sifat paling baru dan sulit diterima oleh orang awam, artinya sistem ini hanya bisa dibuat dan digunakan oleh orang tertentu yang menguasai keilmuan dalam teknologi.

Informasi = Alat atau media yang dapat memberikan kabar, berita, atau Informasi, baik secara tertulis, audio, Visual dan Video.

Kesimpulannya adalah : Teknologi informasi adalah suatu alat atau keadaan yang merupakan alat bantu dalam melakukan aktivitas pekerjaan atau yang lainnya, terkoneksi atau bersinergi antara yang satu dengan lainnya secara otomatis, sehingga teknologi informasi berperan sebagai alat untuk mempermudah, mempercepat, dan meminimalisir kesalahan atau kekeliruan dalam melakukan aktivitas.

Berkaitan antara teknologi informasi dengan pengelolaan koperasi  KSP atau USP adalah memanfaatkan media yang ada dalam melakukan transaksi dan pengolahan data, sehingga baik input proses maupun output akan menghasilkan sebuah data yang valid, cepat, akurat dan dipercaya.

Mari kita memulai dengan mengimplementasikannya pada KSP atau USP dimulai dengan cara yang sederhana, mudah dan murah.
  1. Persiapkan seperangkat komputer dengan  space minimum sebagai berikut : Prosesor  Intel Pentium 4 - 1.8 Ghz, Ram  1 Ghz, Cd Room, Monitor  CRT /LED, Keyboard dan Mouse, Sistem Operasi  Windows XP atau Windows 7 ( Sudah Terinstall ), Printer Tinta atau dot Matrix. ini adalah Space Minimum, jika anda menghendaki space lebih tinggi tentu saja lebih bagus
  2. Selain  Komputer biasa, anda juga bisa menggunakan  Laptop Netbook ataupun Notbook.
  3. Jika penggunaannya lebih dari satu komputer atau laptop, maka anda harus mempersiapkan perangkat jaringan yang terdiri dari  Kabel LAN, Swichub, atau router untuk penggunaan jaringan wairless. Nantinya  database dari software KSP/USP akan disimpan disalahsatu Komputer atau Komputer Khusus yang dinamakan SERVER. Sehingga Program Koperasi atau Software nantinya bisa digunakan secara bersama-sama dengan satu database, dan tentunya sistem akan melakukan update otomatis sehingga dari seluruh transaksi yang terjadi dalam beberapa komputer yang terkoneksi akan dikirim ke server.
  4. Siapkan juga SDM ( Sumber Daya Manusia ) Operator yang bisa mengoperasikan komputer, Sedikit memahami alur Akuntansi, dan SDM yang memahami dasar-dasar teknik/sistem komputer. Dalam pase ini tentunya tidak akan sulit mendapatkannya saat ini dan tidak perlu merekrut SDM baru, karena anda bisa memanfaatkan SDM yang ada, karena yakin pada saat ini kemampuan tersebut hampir setiap orang atau karyawan koperasi akan mampu melakukannya.
  5. Persiapkan semuanya dan tata sedemikian rupa perangkat yang anda siapkan, sehingga pemanfaatan Teknologi Komputer atau Istilah krennya IT, akan kita implementasikan pada sistem transaksi Simpan Pinjam Sampai Tuntas.
  6. Download  Software Simpan Pinjam yang kami rekomendasikan, software ini sangat baik, lengkap dan murah, sesuai dengan Judul bahasan diatas sehingga  kita tidak harus mencari kemana-mana.
  7. Setelah di download... anda tinggal install, aktivasi, pelajari sedikit... dan operasikan
  8. Dengan menggunakan software ini, anda dijamin akan mendapatkan kemudahan dalam mengelola transaksi simpan pinjam pada koperasi yang anda cintai, perinsip kami adalah dengan menggunakan sistem ini akan menjadikan transaksi simpan pinjam menjadi:  MUDAH - MURAH - EFISIEN -  CEPAT - TEPAT - DAN AKURAT.
  9. Jika dalam Implementasinya ternyata anda masih mendapatkan kendala.... Jika berkenan kami akan dengan senang hati membantu anda merealisasikannya, baik secara online maupun Offline, kami berkunjung ketempat anda.
Sementara demikian yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya,  semoga bisa membantu dan bermanfaat, kami mohon maaf  atas tulisan dan kata kata yang kurang berkenan. Wassalam  Jaelani.
 ----------------------------------------------------------------
------------------------------
Software Simpan Pinjam Lengap Dan Murah :  DOWNLOAD DISINI
Petunjuk Installasi Pada Komputer              :   DOWNLOAD DISINI
Proposal Penawaran  Harga                        :   DOWNLOAD DISINI
Brosur  Software                                        :    DOWNLOAD DISINI
 
Jika anda memerlukan bantuan kami untuk Informasi, konsultasi, implementasi, pelatihan, simulasi dan pendampingan pada koperasi anda, dapat menghubungi kontak berikut:

Nama                             :  Jaelani, S.Kom

Alamat                            :  DEKOPINDA KOTA BANDUNG   Jl. Buahbatu No. 26 Bandung

HandPhone                     :  081 573 063 493

Pin BB                            :  520 717 2D

Whatapp                         :  081 573 063 493

E-mail                             :  jaelani.hbm@gmail.com

Facebook                       :   https://www.facebook.com/JAELANI.HBM

Twitter                            :   @jaelanihbm

Website                          :   www.polystarmedia.com  atau   http://aplikasi-kukm.blogspot.com

PETA MAP LOKASI

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More