Sabtu, 04 Oktober 2014

PROSPEK USAHA SIMPAN PINJAM [ PELUANG DAN TANTANGAN ]



Usaha simpan pinjam saat ini sepertinya banyak sekali ditawarkan oleh pemilik dana lebih. mulai dari yang berbadan usaha sampai perorangan. Usaha ini kalau dilihat prakteknya sama seperti bank pada umumnya. Mungkin judul di atas adalah usaha simpan pinjam dimana ada penyimpan dan ada peminjam namun pada prakteknya bermacam macam, ada yang memang simpan pinjam tapi ada cuma sebatas meminjamkan saja dan tidak menerima penyimpanan dana.
Untuk yang tidak menerima penyimpanan dana biasanya di kelola oleh kelompok atau individu saja dengankan yang menerima keduanya biasanya sudah berbadan usaha yg memiliki legalitas. Di atas kertas kedua jenis usaha tadi semuanya legal dan memiliki llegalitas di antara peminjam dan penerima pinjaman. Untuk bunga bermacam macam ada yg lebih murah dari bank umum namun banyak yg lebih mahal dari bank umum.
Kalau dilihat secara kasar besarnya “bunga” dari setiap pemberi pinjaman itu menurut saya pemberi pinjaman individu bunyanya lebih kecil dari pada yang memiliki lembaga Perusahaan. Dari beberapa contoh yang coba saya analisa itu bunga untuk pemberi pinjaman individu bunganya sekitar 20% tapi ada juga yang memberi bunga lebih tinggi dan besarnya pinjaman pun mulai dari beberapa ratus ribu sampai 3 -4 juta rupiah. Kalangan nasabahnya adalah tetangga dan orang orang yang benar benar sudah di kenal secara pribadi. Lamanya peminjaman sampai 1 tahun artinya kalau kita meminjamkan Rp 4 juta itu dikembalikan selama 12 bulan plus 20 % bunga.
Untuk usaha simpan pinjam yang memiliki badan hukum bentuknya bermacam macam pula ada yang berbentuk seperti bank umum dan ada yang berbentuk syariah. dan kalau dilihat dari total dana yang boleh di pinjamkan itu maksimum 4 – 5 juta rupiah sekali pinjam dan harus di kembalikan bersama ” bunga”nya dalam 2 – 3 bulan serta ditagih harian.
Kalangan nasabah dari pemberi kredit ini adalah masyarakat umum dan kebanyakan dari kalangan ibu ibu rumah tangga. Untuk bunganya meminjam dana dari perusahaan ini boleh di bilang besar. Saya menganalisa secara kasar sebuah usaha perkreditan syariah kalau di hitung2 bunganya sampai 60an % per tahun. Angka yang keliatan kecil tapi berbuntuk besar.
Berdasarkan perhitungan inilah dipastikan usaha ini BEP sekitar 6 – 9 bulan dan maksimum 12 bulan.
Beberapa waktu lalu saya sempet berniat membangun usaha ini dengan SDM yang sudah pengalaman dan sudah teruji. memberikan prospek BEP 9 bulan dengan perhitungan 0 – 3 bulan pertama adalah pembukaan dan pencarian nasabah, bulan ke 3 – 6 dana sudah kembali ke kita, bulan ke 6 – 9 dana nasabah di putar lagi dan bulan ke 9 – 12 dana yang di putar di perusahaan bukan dana modal kita lagi tapi total sepenuhnya dana nasabah dari hasil “bunga” yang didapat.
Dengan perhitungan di atas, untuk membangun usaha pinjaman seperti ini diperlukan modal sekitar 1 Milyar rupiah. Saya pada awal nya berniat mencarikan dana untuk membuka usaha ini, tapi karena beberapa nasehat dari usahawan sehingga saya mengurungkan niat untuk menekuni usaha ini mengingat bunga yang di tawarkan lumayan tinggi.
Mungkin kalau ada orang yang mau menanamkan modalnya di bidang usaha ini dengan modal 1 – 2 milyar saya bisa bantu dan mengelola SDM nya karena saya meiliki SDM yang sudah terlatih dan sudah teruji dari A – Z menangani usaha ini. ya kalau dibidang membuka usaha hanya bermain di salari para pegawai saja. Kalau di perusahan A si badu di gaji 2 juta dan kita lihat dia menguasai semua bisnis di perusahaan itu kenapa tidak kita tarik aja di usaha kita yang baru dengan salari misal 2,5 atau 3 juta. toh kita tidak perlu trial error lagi :D
Nah ini tips dari saya untuk calon peminjam dana bahwa kalau bisa pinjamlah dana dari perbankan nasional yang umum seperti bank bank besar yang mudah kita jumpai walau proses agak sulit mungkin tapi bunganya lebih kecil, kalau kita meminjamkan dana dari bank bank kecil yang bianya kantor nya agak sepi biasanya itu bunga nya besar. nah kalau kita punya dana bagusnya di simpan di bank bank kecil tadi karena biasanya bunyanya besar. saya pernah di tawari seorang marketing bank bahwa tabungan di bank nya itu bunganya sama dengan deposito, lumayan kan tapi kalau kita meminjamkan dana di bank ini bunyanya bisa 30an %.
Jadi usahakan untuk meminjam dana di perbankkan besar, terus kalau dana kita sudah banyak jangan taruh di bank apalagi bank kecil yang rentang masalah seperti bank century. kalau banyak uang nganggur ya buka usaha saja walau ada resiko tapi kalau berhasil uang kita bisa berlipat dan membuka lapangan pekerjaan, kalau tidak ada SDM yang mengelola bisa cari orang yang di percaya untuk kelola misalnya seperti saya hehehehe just kidding.
so . . begitulah prospek usaha simpan pinjam di negara kita saat ini dan sepertinya usaha ini sudah menjamur, mulai dari yang menawarkan dana dengan jaminan BPKB dll. kalau saya lihat usaha yang meminjamkan dana dengan jaminan BPKB ini sudah sangat menjamur sekali itu kelihatan bahwa usaha ini prospeknya bagus untuk melipat gandakan uang tapi kalau kita masih alim mungkin mikir2 takut nya nanti disamakan dengan rentenir tapi saya gak bilang kalo usaha ini sama dengan rentenir karena saya gak ngerti bener urusan penilaian rentenir atau gak nya yang penting usaha ini kalau mau bikin bagus prospeknya gitulah hehehe

JIKA MEMBUTUHKAN KONSULTASI LEBIH LANJUT ATAU HENDAK MENGIMPLEMENTASIKANNYA DENGAN BANTUAN KAMI  TERMASUK MENGGUNAAN HARDWARE DAN SOFTWARE UNTUK TRANSAKSI USAHA SIMPAN PINJAM SILAHKAN HUBUNGI KAMI  DI :

HP : 081 573 063 493  [ JAELANI ]




Sumber :  http://www.deskapahendri.com

PETA MAP LOKASI

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More