CARI ARTIKEL DISINI

Memuat...

No. REK KONTRIBUSI

KCP KOPO BIHBUL --------- No Rek : 810 514 030 1
A/N : J A E L A N I

LIKE FACEBOOK

ALEXA RANK

STATISTIK VISITOR


counters

CHAT DENGAN PROGRAMMER

BUKU TAMU

TENTANG SAYA

Foto Saya
-JANGAN JADI HAKIM KALAU SEKEDAR JUALAN BUKU - LEBIH BAIK MENYALAKAN LILIN DARIPADA MENGUTUK KEGELAPAN
Copyright © 2014. Polystar Multimedia. All Rights Reserved.
Creative Desigent By: JAELANI ( HP. 081 573 063 493 )

Entri Populer

JADWAL SHOLAT WAJIB

Photobucket SOFTWARE YANG TERSEDIA DAN DAPAT ANDA BELI DISINI: SOFTWARE TOKO, SOFTWARE MINIMARKET, SOFTWARE WASERDA, SOFTWARE KOPERASI, SOFTWARE BENGKEL, SOFTWARE APOTIK, SOFTWARE HOTEL, SOFTWARE RESTAURAN / RUMAH MAKAN, SOFTWARE AKUNTANSI, SOFTWARE KLINIK PENGOBATAN, SOFTWARE PARKIR, SOFTWARE UNIVERSITAS, SOFTWARE SEKOLAH, SOFTWARE KONTER HP, SOFTWARE KEPEGAWAIAN, DAN SOFTWARE-SOFTWARE LAIN YANG BANYAK DIBUTUHKAN OLEH USAHA KOPERASI DAN UKM; PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI O81 573 063 493 ATAU 022 - 926 038 19 CP. JAELANI Photobucket PEODUK BARANG YANG TERSEDIA ; PAKET KOMPUTER TOKO / WASERDA / MINIMARKET; PAKET KOMPUTER SIMPAN PINJAM; PERLENGKAPAN TOKO / WASERDA / MINIMARKET SEPERTI RAK DISLPAY, KOMPUTER, SOFTWARE, GONDOLA, KERANJANG BELANJA, MEJA KASIR, DAN LAIN-LAIN: PERLENGKAPAN KOPERASI SIMPAN PINJAM SEPERTI, KOMPUTER, ID CARD, PRINTER PASS BOOK, DAN BERBAGAI PERALATAN LAIN: Photobucket UNTUK TERCAPAINYA SEBUAH USAHA IDEAL KAMI SIAP MEMBANTU ANDA DALAM JASA: KONSULTASI IMPLEMANTASI KOMPUTERISASI, KONSULTASI MANAJEMEN KOPERASI, KONSULTASI AKUNTANSI KOPERASI DAN PELAPORAN, PELATIHAN DAN BIMBINGAN KOMPUTERISASI WASERDA, SIMPAN PINJAM, SETTING INSTALLASI , PERBAIKAN DAN PERAWATAN JARINGAN KOMPUTER, PENDAMPINGAN SIMULASI IMPEMENTASI UNTUK OPERATOR, SUVERVISOR DAN MANAGER Photobucket KEPUASAN ANDA ADALAH KEPERCAYAAN BAGI KAMI, KETITAKPUASAN ANDA ADALAH MOTIFASI BAGI KAMI UNTUK MENUTUP KELEMAHAN Photobucket Photobucket

SLIDE KEGIATAN


  • LAWATAN UiTM KE POLYSTAR

    Studio Software POLYSTAR kedatangan tamu dari UiTM Terengganu, Malaysia
  • SOFTWARE WASERDA

    Penerapan Software Waserda Pada Koperasi karyawan
  • SOFTWARE SIMPAN PINJAM

    Tampilan menu utama software ATASI 3.0
  • KUNJUNGAN KERJA

    Kunjungan dari Dinas Koperasi Dan Dekopinda Kota Pekan Baru
  • SOFTWARE WASERDA

    Koperasi KPKB Kota Bandung menerapkan software untuk kasir WASERDA
  • PELATIHAN SOFTWARE WASERDA

    Pelatihan Software WASERDA untuk Koperasi Kota Bandung
  • PELATIHAN SOFTWARE WASERDA DAN KSP

    Pelatihan Software WASERDA Dan KSP di Hotel SABDA ALAM Garut
  • PELATIHAN SOFTWARE WASERDA

    Pelatihan Software WASERDA di Koperasi WAPESKA
  • SOFTWARE WASERDA

    Penerapan Software WASERDA di Koperasi

Sabtu, 03 September 2011

APLIKASI SIMPAN PINJAM GRATIS


Penggunaan MS Access cukup tangguh dalam mencatat transaksi yang terjadi pada suatu koperasi dan jenis usaha lainnya. Aplikasi yang saya buat untuk membantu pekerjaan saya (sekretaris) bersama bendahara koperasi di sekolah kami, dapat mengefisienkan pekerjaan saya. Aplikasi tersebut memang masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, Aplikasi tersebut saya bagikan secara gratis, selain untuk dapat digunakan bagi rekan-rekan yang berkecimpung di administrasi koperasi, juga agar ada tanggapan dan kritik yang membangun. Jika anda ingin tertarik dapat mengklik salah satu link di bawah ini :
http://www.ziddu.com/download/7656769/AplikasiKoperasiSimpanPinjam2007.zip.html
atau
http://www.ziddu.com/download/7656768/.html


Berikut gambaran dasar dari aplikasi koperasi yang saya ciptakan
1. Ketika file Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam dijalankan, akan tampil Startup. Tekan tombol Mulai untuk masuk ke Panel Utama.
2. Panel Utama terdiri atas 3 bagian : Form Entry Data, Laporan dan Tombol Perintah Aplikasi.



3. Sesuai namanya, Form Entry Data berfungsi untuk memasukkan data-data pembukuan keuangan koperasi. Tombol yang terdapat di dalamnya antara lain : Identitas Koperasi, Data Perkiraan (Akun), Daftar Perkiraan / Akun, Jurnal, Buku Besar, Data Simpanan dan Pinjaman, Daftar Penerimaan SHU dan Edit Simpanan & Pinjaman.


4. Tombol Identitas Koperasi akan memanggil form yang berfungsi untuk pengisian data-data utama koperasi.
Data-data tersebut di atas akan menentukan tulisan pada kop dan bagian pengesahan semua laporan. Sekali form di atas dilengkapi maka pada masing-masing laporan, baik kop maupun bagian pengesahan akan terbentuk dengan sendirinya sesuai dengan data pada form di atas.
5. Tombol Daftar Perkiraan / Akun berfungsi untuk menentukan nama dan banyaknya Akun yang akan dijadikan dasar dalam pencatatan transaksi pembukuan koperasi.
Keterangan :
a) nama-nama akun akan muncul dalam bentuk dropdown list pada baris-baris jurnal, user tinggal meng-klik salah satu di dalamnya. Dengan demikian user akan selalu konsisten dalam mengentry nama perkiraan.


b) Field (kolom) Jenis Perkiraan diisi dengan cara penentuan apakah Akun tersebut berupa : Harta, Pasiva, Modal, Pendapatan atau Biaya.


c) Field Modal_Non Modal untuk menentukan perkiraan mana saja yang termasuk komponen yang ditampilkan dalam Laporan Perubahan Modal.
d) Field Persentase berfungsi untuk menentukan perkiraan mana saja yang ditampilkan/diperhitungkan dalam Laporan Komposisi Pembagian SHU serta besaran persentasenya.
6. Form Jurnal berfungsi untuk mencatat transaksi keuangan.


• Pengisian Jurnal dimulai dari field Nomor (sebaiknya diisi sesuai dengan nomor record di bagian paling bawah (tombol navigasi).
• Deskripsi disi dengan hal-hal penting terutama untuk mencatat nama peminjam.
• Pengisian field nama Perkiraan cukup dengan mengklik salah satu Nama Perkiraan yang tercantum dalam dropdown list (sesuai dengan data yang terdapat dalam Daftar Perkiraan)
• Field Debet dan Kredit diisi sesuai dengan jumlah dan sifat transaksi terhadap perkiraannya.
• Jumlah akan terisi secara otomatis dan uniknya pada bagian selisih akan tertera keterangan yang menyatakan status pencatatan jumlah debet dan kredit.


7. Tombol Buku Besar untuk menampilkan buku besar masing-masing perkiraan sehingga berapa berapa besar jumlah transaksi atas perkiraan yang bersangkutan dapat diketahui secara otomatis. Tidak satupun bagian dari buku besar dapat diedit karena memang ditujukan untuk tampilan akumulasi transaksi atas masing-masing perkiraan. Untuk melihat ke perkiraan berikutnya dapat digunakan tombol navigasi.


8. Sayangnya dalam versi ini, jumlah simpanan dan pinjaman anggota belum bisa dihitung secara otomatis, lagi pula memang tidak disediakan fasilitas pencatatan per anggota semacam buku anggota. Namun untuk perhitungan manual disediakan form Edit Simpanan & Pinjaman yang mencatat jumlah simpanan dan pinjaman serta persekot SHU (yang diberikan sebagai THR saat lebaran misalnya).
9. Jika form Edit Simpanan & Pinjaman serta Jurnal telah lengkap maka akan terlihat perhitungan Pendapatan SHU yang diterima masing-masing anggota dalam form Daftar Simpanan dan Pinjaman.(otomatis)


10. Daftar Simpanan dan Pinjaman secara menyeluruh dapat terlihat dalam dalam form Daftar Penerimaan SHU.


11. Semua Laporan telah dirancang tampil secara otomatis. Tidak ada entry pada laporan sebagaimana halnya sifat objek report pada file .mdb MS Access. Yang perlu dilakukan hanya sebatas pengaturan halaman (page setup) untuk menyesuaikan ukuran kertas dan printer.


12. Untuk menampilkan objek baik table, query, form dan report, tekan secara bersamaan tombol Alt dan D pada Panel Utama.



0 komentar:

WARTA TERKINI

« »
« »
« »
Get this widget