Rabu, 12 Januari 2011

SOFTWARE SIMPAN PINJAM GRATIS UNTUK KOPERASI DAN BMT

Sumber: www.AnneAhira.com
Dalam perjalanan usaha koperasi simpan pinjam pasti memerlukan catatan pembukuan. Tentu saja perkembangan teknologi komputer dan software komputer dapat diandalkan. Memindahkan tanggung jawab pembukuan ke sebuah sistem komputer software simpan pinjam. Persoalan selanjutnya adakah software simpan pinjam gratis khusus dibuat untuk aplikasi pembukuan koperasi simpan pinjam?.


Celakanya catatan pembukuan yang dilakukan adalah manual. Seringkali juga pembukuan yang sudah dibuat secara manual tidak dijalankan dengan disiplin. Jadilah koperasi masih jalan di tempat. Padahal koperasi bertujuan mengembangkan ekonomi kerakyatan Indonesia.

Apakah solusinya? Beruntung saat ini masih banyak programmer-programmer komputer yang masih peduli dengan perkembangan koperasi. Sebuah software simpan pinjam gratis yang dikenal dengan nama "koperasiku" sudah dapat didownload dan dimanfaatkan oleh koperasi simpan pinjam dari seluruh Indonesia.

Sofware Simpan Pinjam Gratis Untuk BMT atau Baitul Maal Wa Tamwil

Semangat pembentukan BMT atau Baitul Maal Wa Tamwil sangat mirip dengan koperasi yang dicetus sejak pertama kali ekonomi kerakyatan digalakkan. Lalu apa perbedaan antara BMT dan Koperasi. Adalah sama-sama memiliki usaha di sektor keuangan mikro.

Yang membedakannya adalah BMT didirikan berdasarkan semangat syariah islam dalam menjalankan usahanya. Koperasi didirikan dengan semangat kekeluargaan tentunya semangatnya sama. BMT juga memiliki usaha simpan pinjam, penjualan dan lain sebagainya.

Permasalahannya setali dua tangan dengan koperasi. Pembukuan usaha yang tidak disiplin membuat BMT juga jalan ditempat. Maka software simpan pinjam gratis yang diberi nama "koperasiku" dapat juga dimanfaatkan pelaku usaha keuangan mikro seperti BMT.

Software Simpan Pinjam Gratis Koperasiku

Perkembangan Koperasi dan BMT tak bisa di pandang sebelah mata. Kemampuannya menyerap tenaga kerja dan mensejahterakan anggota masing-masing lembaga keuangan mikro ini sangat membantu meningkatkan kondisi ekonomi Indonesia.

Namun perkembangannya di bidang SDM dan usaha akan berbanding lurus dengan jumlah transaksi dari usahanya. Memanajemen transaksi, anggota dan membuat laporan tentu akan membutuhkan suatu program khusus.

Aplikasi software simpan pinjam gratis untuk kedua bidang usaha ini harus terus dikembangkan hingga dapat menjangkau usaha koperasi dan BMT di seluruh tanah air.

Sayangnya saat ini masih sedikit programmer yang mau mengembangkan software simpan pinjam gratis yang dapat dimanfaatkan kedua usaha mikro keuangan ini. Kadang koperasi dan BMT harus merelakan modal usahanya sementara habis untuk membeli sebuah software simpan pinjam berharga hingga jutaan rupiah.

Tetapi jangan khawatir dari sedikit programmer software masih ada yang peduli kepada pengembangan Koperasi dan BMT. Di alamat situs ini http://www.ziddu.com/download/8507775/koperasiku.rar.html dapat diunduh sebuah software simpan pinjam gratis. Sangat cocok untuk digunakan oleh koperasi simpan pinjam dan bmt di Indonesia.

Meskipun kekurangannya masih tidak selengkap software dengan harga mahal. Software ini dapat dijadikan awal komputerisasi manajemen koperasi dan bmt menggunakan sistem yang dibuat khusus sehingga lebih well organize (terorganisasi dengan baik). Selamat mencoba.

1 komentar:

Wah, saya yakira bayar. Ternyata betul-betul gratis. Saya coba dulu ya... Izin download. Semoga dengan bantuan ekonomi di indonesia bisa segera berkembang pesat.

Posting Komentar

Untuk meongoreksi dan sebagai pungsi kontrol kami, silahkan anda menulis komentar pada kolom ini:

PETA MAP LOKASI

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More