WIB SAAT INI

Cari Disini

Memuat...

Buku Tamu

Entri Populer

PENGUNJUNG

Rekening Bank Admin


No Rek : 2155-01-001162-53-1
A/N
RITAWATI MARINI


No Rek : 810 514 030 1
A/N
J A E L A N I

Chat Dengan Admin

Bergabung Bersama Kami

Mengenai Saya

Foto Saya
-JANGAN JADI HAKIM KALAU SEKEDAR JUALAN BUKU - LEBIH BAIK MENYALAKAN LILIN DARIPADA MENGUTUK KEGELAPAN
:::...::: TERIMAKASIH KEPADA KOPERASI YANG BARU MELAKUKAN KERJASAMA DENGAN KAMI YAITU: KPN KABUPATEN NUNUKAN PROPINSI KALIMANTAN UTARA; PRIMKOPAU "NAGGALA" DEPOHAR 60 LANUD ISWAHJUDI-MADIUN-JATIM; KOPERASI PEDAGANG PASAR CURUG AGUNG - PADALARANG; PRIMKOPPOL POLRES METRO JAKARTA SELATAN; PNPM MANDIRI KAB. SUMEDANG, KOPERASI TUTWURI HANDAYANI - TEBO-JAMBI, KOPERASI PENERBANGAN - MAKASAR, KOPERASI BPS - SUMEDANG, KOPERASI AMANAH WARGA BPI - BANDUNG, KOPERASI BANK PERKERIDITAN RAKYAT [ BANK EKA ] KOTA METRO LAMPUNG, PRIMKOP KARTIKA GARUDA HITAM 11 KODIM 0411 KOTA METRO LAMPUNG, PRIMKOP KARTIKA TRIBUANA IV PUSDIKPASSUS BATUJAJAR BANDUNG BARAT, KOPERASI PELESTARI BUDAYA NUSANTARA - PONDOK INDAH JAKARTA - KOPERASI PUSPA BOJONGKACOR KAB. BANDUNG - KOPERASI PEGAWAI LITBANG PU UJUNGBERUNG BANDUNG - KOPERASI SINAR PEMUKA PUBIAN LAMPUNG TENGAH - KOPKAR PANASIA DAYEUHKOLOT KAB. BANDUNG:::...:::Selamat Datang Di Blog Software Koperasi Dan UKM, Sarana Tepat Kerjasama Implementasi Software Koperasi Dan UKM :::...:::KAMI SIAP MELAKUKAN KERJASAMA IMPLEMENTASI / PENERAPAN SISTEM KOMPUTERISASI PADA UNIT SIMPAN PINJAM DAN WASERDA / TOKO KOPERASI ANDA, DENGAN PERINSIF MURAH, MUDAH, CEPAT, TEPAT, AKURAT DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE DAN HARDWARE BERKUALITAS:::...:::SUPPORT/DUKUNGAN KAMI: KONSULTASI - SETTING INSTALLASI - PELATIHAN - PENDAMPINGAN - SIMULASI DAN GARANSI:::...:::JIKA ANDA BERMINAT SILAHKAN HUBUNGI KAMI SEGERA DI: HP. 081 573 063 493 PIN BB: 520 717 2D WHATSAPP: 081 573 063 493 REQUES BY E-MAIL: jaelani.hbm@gmail.com:::...

BAGAIMANA CARA MEMBUAT DAN MENYUSUN BUKU LAPORAN RAT KOPERASI

BAGAIMANA CARA MEMBUAT DAN MENYUSUN
BUKU LAPORAN RAT KOPERASI

Haloo mitra insan koperasi di seluruh penjuru tanah air… Selamat bertemu dengan kami… anda  saat ini ada pada blog yang membahas tuntas tentang permasalahan dalam mengelola koperasi. Kedepannya blog ini diprioritaskan dalam memposting hal-hal yang berhubungan dengan koperasi. Untuk hal tersebut tentunya kami akan menampung segala bentuk permasalahan tentang pengelolaan koperasi secara benar dan berkarakter. Agar kami mengetahui Hal-hal dasar yang menjadi permasalahan dalam pengelolaan koperasi, kami menerima pertanyaan-pertanyaan seputar permasalahan koperasi dengan menulis e-mail pada kami melalui tab KONTAK KAMI yang ada pada halaman ini paling atas.
Ok mitra insan koperasi yang kami cintai… Kita kembali kepada judul artikel ini yaitu BAGAIMANA CARA MEMBUAT DAN MENYUSUN BUKU LAPORAN RAT KOPERASI.


Setiap koperasi pasti mengenal yang namanya RAT yaitu kepanjangan dari Rapat Anggota Tahunan.  RAT sendiri hukumnya wajib bagi koperasi yang menjalankan pungsinya secara aktif, dan harus dilaksanakan paling lambat tiap tahunnya jangan melebihi bulan Maret, artinya koperasi dalam menyelenggarakan RAT harus paling lambat  tiga bulan setelah tutup tahun buku ( tanggal 31 Desember).
Dalam menyelenggarakan RAT, koperasi harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Menentukan Waktu Penyelenggaraan
2. Menentukan Tempat Penyelenggaraan
3. Jumlah Peserta yang akan menghadiri
4. Jumlah tamu undangan yang akan diundang
5. Durasi waktu penyelenggaraan
6. Isi Acara yang akan disajikan
7. Konsep desain dekorasi in door dan estetika ruangan
8. Konsep penyusunan Buku RAT
9. Peralatan yang akan dibutuhkan
10. Penyusunan panitia atau CREW pelaksana acara

Hal-hal tersebut akan kami bahas pada artikel selanjutnya “ BAGAIMANA RAT DISELENGGARAKAN “ Mengingat pentingnya penyusunan buku lamporan RAT, maka kami mendahulukan mempostingkan artikel ini, disamping banyaknya usulan bagaimana penyusunan buku laporan RAT dibuat.
Buku RAT Koperasi adalah bentuk visualisasi kompilasi perjalanan koperasi selama satu tahun buku, yang diberikan kepada anggota koperasi yang bersifat terbatas dan tidak boleh terpublikasi kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan dengan internal koperasi tersebut. Buku Laporan RAT hendaknya diberikan kepada anggota paling lambat tiga hari sebelum penyelenggaraan acara RAT itu sendiri, mengingat agar anggota koperasi dapat membaca, menganalisa dan member catatan atas isi dari buku laporan RAT tersebut, yang nantinya terhadap hal-hal yang tidak dipahami dapat ditanyakan kepada pengurus pada saat RAT diselenggarakan.
Mitra insan koperasi yang kami cintai, selanjutnya apa saja yang terkandung dalam Buku Laporan RAT…? Ok mari kita bahas..  

Buku RAT dibuat berdasarkan kompilasi atau rekaman, atau rangkuman perjalanan koperasi selama tahun buku yang telah berjalan, yang mengutamakan berupa laporan pengurus dan pengawas terhadap kinerja pengelolaan koperasi selama satu tahun yang telah dilewati. Nah… sekarang elemen-elemen apa saja yang harus disajikan…?
Buku Laporan RAT terdiri dari Bagian awal, Bagian Isi dan bagian akhir atau  kesimpulan  serta bagian penambahan berupa lampiran-lampiran, dan lebih jelasnya adalah.

A. Bagian Awal:

1. Sampul Buku Pertama
2. Sampul Buku Kedua
3. Daftar Isi
4. Tata Tertib Penyelenggaraan Rapat
5. Sususnan Acara
6. Pengantar Penulis atau penyusun

B. Bagian Isi :

1. Pendahuluan
2. Maksud dan tujuan
3. Ruang Lingkup Penyampaian Laporan

     a. Pendahuluan
     b. Kelompok Administrasi
     c. Bidang Teknik Perkoperasian
     d. Bidang Usaha
     e. Perbendaharaan
      f. Faktor-Faktor yang mempengaruhi
     g. Kesimpulan
     h. Tutup

4. Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi Tahun yang akan datang

    a. Pendahuluan
    b. Bidang Usaha, Manajemen dan Administrasi
    c. Sumber Dana
    d. Unit Usaha yang akan dijalankan
    e. Sosial
     f. Anggaran Pendapatan Belanja tahun yang akan dating
    g. Lain-Lain
    h. Kesimpulan
     i. Penutup

5. Laporan Pertangung Jawaban Pengawas

    a. Pendahuluan
    b. Umum
    c. Penilaian Manajemen
    d. Penilaian Penglolaan Keadministrasian Koperasi
    e. Penilaian Pengelolaan keuangan
     f. Saran, Pesan, kritik untuk pengurus dan anggota
    g. Kesimpulan
    h. Penutup

C. Bagian Akhir :

1. Company Prifile Koperasi
2. Prifile Pengurus dan pengawas
3. Ucapan Terima Kasih
4. Iklan Komersia apabila ada yang pasang iklan
Cukup Rumit bukan…? Untuk mempermudah anda dalam menyimak artikel ini tentunya kami menyertakan contoh buku RAT yang telah tersusun dan silahkan untuk dikembangkan dengan ide-ide kreatif mitra koperasi yang kami cintai.

Silahkan DOWENLOAD DISINI untuk contoh isi buku Laporan RAT
Silahkan DOWENLOAD DISINI untuk contoh Sampul/Cover buku Laporan RAT



Kami mohon maaf sebelumnya, karena dalam Contoh Buku Laporan RAT ini tidak disertakan data keuangan berupa NERACA, LABA RUGI dan sebagainya dari tiap Unit Usaha dan tentunya Rekapan Kompilasi Transaksi keuangan selama setahun, mengingat masalah kerahasiaan perusahaan.
Artikel selanjutnya akan dibahas “ BAGAIMANA RAT DISELENGGARAKAN “ mohon sabar menunggu.
Demikian mitra… semoga bermanfaat untuk anda, saran kritik senantiasa kami nantikan… silahkan isi Komentar atau melalui TAB KONTAK KAMI. SAMPAI JUMPA

ARTIKEL INI DITULIS DAN DI EDIT OLEH: JAELANI.HBM